Minggu, 22 Juli 2018

Pengaruh Pendidikan Terhadap Kualitas Anak Pedalaman

Pengaruh Pendidikan Terhadap Kualitas Anak Pedalaman

The Influence Quality Education to Remote Area Children

Bukan rahasia lagi bila anak-anak yang tinggal di daerah pedalaman sangat sulit mendapatkan kehidupan yang layak seperti anak-anak pada umumnya. Mereka kesulitan mendapat air bersih, mengenyam pendidikan sesuai batas kelayakan pendidikan Indonesia dan sulit mengikuti perkembangan zaman. Tak hanya itu saja, mereka bahkan tidak mengenal alat komunikasi seperti telepon genggam.

It is not a secret if the children who live in remote area are very hard to get a better life as same as the children in generally. They are hard to get clean water, they are difficult to get education depend on standard Indonesian and to follow the development era. Not only that, even they do not know about a communication tool such as handphone.

Hal pokok yang menjadi sorotan utama yaitu betapa sulitnya mereka mendapat pendidikan yang layak dan mengenyam pendidikan dua belas tahun. Pada faktanya, tak semua salah mereka, kesulitan mereka menjangkau lokasi sekolah menjadi masalah karena mereka harus mengarungi sungai. Mereka juga harus berjalan kaki hingga berpuluh-puluh kilo meter, bahkan ada pula yang tak memakai alas kaki.

The main problem are how they are very hard to get the proper education for twelve years. In fact, it completely are not their mistakes, the obstacle for them to reach the school location becoming a problem because they have to cross the river. They also need to walk until tens kilometers away, even some of them do not wearing shoes. 

Kurangnya tenaga pengajar di pedalaman karena sulitnya mencari pengajar yang mau mengajar di daerah tersebut juga sangat disayangkan. Padahal kualitas seseorang diukur melalui seberapa jauh pendidikan yang dicapai karena kualitas seorang lulusan SD berbeda dengan kualitas seorang sarjana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan sangat mempengaruhi kualitas seorang anak pedalaman.

There are only a little of teachers in remote area because it is difficult to find the teacher who want to teach in that area is regrettably. Whereas the quality of a teacher measure by how far the education they get because the quality of graduated elementary school is different with a scholar. Thus, we can conlclude that education have big influence to the quality of a remote area child.

Sumber artikel berbahasa Indonesia: Thegorbalsla.com
Alih bahasa: Syafriandi